September 21, 2017

OWL


OWL
Snowman Marker and Drawing Pen, Fine Colour Ink Marker
A4

DAPAT NOTEBOOK GRATIS DARI SOFTEX HELLO KITTY

Akhirnya nulis juga setelah praktikum dan laporan terus melanda. Kali ini saya mau share hal menarik nih. Bisa dibilang juga sebagai Lucky Moment saya di tahun 2017 ini. So apakah itu? Yap, saya DAPAT NOTEBOOK GRATIS alias secara cuma-cuma. Ngomong-ngomong ini sekedar sharing saja bukan bermaksud untuk pamer atau sok-sok-an gimana gitu. Siapa tahu nanti bisa bermanfaat dan nular dapat laptop kan? Oke langsung aja ke cerita.



Beberapa minggu yang lalu (lupa detailnya) saya buka instagram nih. Tiba-tiba nongol tuh tampilan iklan di instagram tentang kuis #MomenJustMoveOn dari akun @happifyourworld yang hadiah utamanya dapat notebook dan hadiah mingguannya dapat tas Jansport gratis. Pada awalnya sih saya cuekin saja soalnya nggak pernah ikut-ikutan sayembara kaya gitu sebelumnya. Takutnya entar malah dikira korban alay, narsis akut, atau sok-sok-an ngeksis gimana gitu ya. Jadi skip nih. Hari selanjutnya, masih buka-buka instagram gitu. Scroll di timeline eh malah nongol lagi iklan itu. Gitu terus sampai hari-hari berikutnya.

Pada puncaknya, akhirnya kepo juga. Langsung deh saya klik ke websitenya. Persyaratannya sih gampang banget. Cuma upload foto, pakai background dari kontesnya, tulis opini academic year, terus share deh di instagram. Udah gitu doang. Saya pikir-pikir lagi nih karena masih terbeban kata-kata "sok ngeksis". Saya close lagi deh akhirnya. Malamnya saya mikir, saya pengen laptop baru nih biar bisa buat Corel Draw sama Photoshop. Maklum notebook lama masih windows 7 dan grafisnya masih ngandelin Paint (miris, haha). Lanjut, saya buka lagi websitenya dan memantapkan niat.

Setelah berdebat cukup lama dengan batin, akhirnya saya pun mendaftar. Fotonya lumayanlah (soalnya nggak kelihatan mukanya), background-nya warna hijau, terus sama opini tentang Academic Year gitu (fotonya di bawah ini nih). Dalam hati sih masih agak gimana gitu ya. Tapi bodo amat, lanjut deh upload dan share. Oiya, syaratnya sih disuruh upload dan tag 5 teman di Instagram. Muncul lagi nih perasaan yang nggak-nggak. Haha. Tapi sekali lagi bodo amat. Niatnya kan ikutan kontes bukan sok ngeksis. Siapa tahu beruntung kan?



Well, pengumuman mingguan pun udah di share. Nggak pakai lama langsung aku swipe siapa saja yang dapat tas Jansport. Zonk, namaku nggak ada. Minggu selanjutnya diumumin lagi nih. Di swipe lagi, tetap nggak tercantum. Haha. Karena pengumumannya mingguan, saya sampai lupa kalau ikutan kuis ini. Apalagi pengumuman minggu ke tiga dan ke empat agak ngaret, tambah amnesia ini.

Nah, tiba nih euforianya. Waktu itu saya lagi hangout bareng teman-teman ke Babakan Siliwangi. Niatnya sih mau hunting foto gretongan. Saat ngakak lihat pose teman, tiba-tiba ponsel saya bunyi. Saya buka nih, loh kok ada tag dari @happifiyourworld? Jangan-jangan... Aaaaaaaaa... Sumpah saya teriak di situ. Norak banget njir. Saya tutup lagi nih, terus saya buka lagi. Takutnya salah nge-tag ke nama saya gitu. Eh ternyata beneran cuy, saya jadi Grand Prize Winner-nya #MomenJustMoveOn. DAPAT NOTEBOOK ASUS gretong braaaay. Ngga nyangka banget. Beberapa detik kemudian, si admin @happifyourworld nge-DM saya untuk klaim hadiah. Awalnya sih dikirim ke alamat masing-masing, tapi karena domisili saya di Bandung jadi suruh ambil sendiri ke Tangerang. Dengan berbekal surat ijin sakit buat bolos kuliah, Google Map, Power Bank pinjaman, dan ke-bonek-an (bonek:bondo nekat) maksimal, saya pun caw ke Tangerang. Sumpah, ini jangan ditiru.

      


Begitulah kronologi saya DAPAT NOTEBOOK GRATIS. Sekali lagi bukannya pamer atau apa. Saya ingin postingan saya ini lumayan berfaedahlah buat siapapun. Siapa tahu nanti teman-teman bisa termotivasi buat dapat notebook gratisan kan. By the way, saya punya tips nih buat teman-teman yang ingin dapet notebook ataupun gadget-gadget gratisan. Pertama, rajin-rajinlah cari events ataupun kuis-kuis di internet. Kalau kalian nggak mager nih, sumpah banyak banget events yang hadiahnya mehong-mehong dan kekinian. Syarat-syaratnya pun kebanyakan gampang banget kaya kuis yang saya ikutin ini. So, sayang banget kan kalau dilewatkan?

Kedua, buat yang nggak pede nih. Coba lebih berani deh. Hilangkan semua prasangka buruk terutama nyinyiran orang lain. Bodo amat dikira sok ngeksis, lebay, atau kata-kata apapun yang bikin down. Kan niat kita buat cari peruntungan bukan untuk ngurusin omongan orang. Bener nggak? Nah, setelah dua tahap di atas udah dilakuin, sekarang tinggal eksekusi nih. Baca baik-baik persyaratan kuisnya. Kalau bisa, ikutin apa maunya dengan cerdas. Sekedar sharing aja nih, kebanyakan kuis-kuis yang hadiahnya kece itu diselenggarakan sama perusahaan yang gede. Nah, di sini pointnya. Kalau bisa, lakukan promosi perusahaan secara terselubung. Kan tujuan perusahaan bikin event itu buat promosi produknya juga. Bisa jadi point plus nih buat kalian karena secara nggak langsung kalian turut memasarkan produknya secara cuma-cuma. Alhasil, peluang menang jadi lebih besar.

Udah daftar nih ya, sekarang tinggal berdoa. Jangan dilupain tuh. Karena kuis-kuis yang hadiahnya gede itu incerannya banyak. Bisa ratusan bahkan ribuan orang. Makanya di sini faktor luck juga dibutuhkan. Perbaiki niat juga kalau ikut lombanya. Jangan niat ingin pamer. Usahakan niatnya yang berfaedah. Mungkin itu dulu aja sih sharing tentang DAPAT NOTEBOOK GRATIS dari Softex Hello Kitty. Terimakasih banget buat yang udah baca sampai kelar. Semoga bermanfaat dan siapa tahu kalian the next person yang DAPAT NOTEBOOK GRATIS. Good Luck!

August 31, 2017

CACTUS

Seneng banget, semester 5 ini dipenuhi mata kuliah yang azeg baday. Here we are, finally they serve me printing technology. So much fun bruh! The first step of course we make some designs. The good news, I can be able to put my mind out of the box. Yaassh, I am presenting CACTUS for this semester. Good luck me! 😘

August 29, 2017

LATE NIGHT : ENVIRONMENT THOUGHT

Ini tumben-tumbenan banget rajin. Biasanya H-1 jam baru ngerjain. Mungkin gara-gara mata kuliahnya yang so sangar. Jadi, mata kuliah apakah itu? Jeng jeng jeng jeeeeeng! Yaaak, Air Proses dan Limbah! Yaaaayyhh! Kenapa so excited sama mata kuliah ini? Yang jelas, berhubungan dengan lingkungan. Sebagai orang yang masih waras, tentu rasa SAVE OUR ENVIRONMENT harus ada dong. Nggak cuma memanfaatkan apa yang disediakan alam saja. Tapi kita harus concern buat ngejaga dan memperbaiki juga. Giliran udah jadi ampas, dibuang dan dibiarin gitu aja. Kan nggak tau diri ya? Nggak ada tanggung jawabnya sama sekali. Padahal kita-kita juga numpang di bumi ini. Bukannya sok idealis atau sok suci. Sebagai manusia yang otaknya masih berfungsi, wajar dong dibuat mikir hal-hal yang berguna. Yuk, jaga lingkungan kita guys. Mulai dari hal kecil saja. Seperti membuang bungkus permen di tong sampah anorganik contohnya. Atau mungkin membawa kantong belanja sendiri agar penggunaan plastik berkurang. Dampaknya sangat besar loh pada lingkungan. Care to Dare, Let's Save Our Environment now!


August 28, 2017

YOUTH AMBASSADOR OF SUSTAINABILITY COMPANY



Ini sebenarnya latepost sih. Tapi, its okay. Finally, I catch the luck on this semester. Big thanks to PT. South Pasific Viscose. By the way, saya lagi nugas nih. Ceritanya lanjut lain waktu ya.

August 26, 2017

BEBAS FINANSIAL

Harapan yang ingin disegerakan,
Bebas Finansial.

REDUP

Dan ketika salah paham itu datang, semua terasa menjijikkan
Telah lama kunantikan seorang rekan
Namun sialnya ia termakan omongan
Bersama kabut, ia pun samar meredup

August 22, 2017

AYO PUASA SUNNAH MENYAMBUT IDUL ADHA

Halo blogs, lama tidak menulis. By the way, sebentar Idul Adha lo! Yaayh, bakal banyak daging yang bisa dibuat sate dan baso. Bagi anak kos, moment ini merupakan sebuah anugerah yang hakiki. azeg azeg josh!

Sebelumnya mau bercerita sedikit nih tentang hari raya Idul Adha. Berbekal dari pengetahuan guru-guru agama saya di sekolah, TPQ, dan e-book 25 Kisah Rasul, hari suci ini juga disebut hari Raya Kurban. Kenapa hayoo? Hal ini dikarenakan pada jaman dahulu kala, Allah SWT mengutus Nabi Ibrahim lewat mimpi agar menyembelih putera kesayangannya yaitu Nabi Ismail. Namun, saat akan disembelih, Allah SWT pun mengganti Nabi Ismail dengan kambing. Akhirnya kambing tersebut disembelih untuk membuktikan rasa taat Nabi Ibrahim maupun Nabi Ismail kepada Allah SWT.  Sejak saat itulah perintah menyembelih kambing pun dilakukan oleh umat islam di seluruh dunia. Adapun hewan yang disembelih tidak hanya kambing tetapi juga unta dan sapi.

Oh iya, menjelang Hari Raya Idul Adha, ternyata banyak sekali lo keuntungan-keuntungan yang ditawarkan dan diberikan oleh Allah SWT apabila kita berpuasa penuh 9 hari. Dimulai dari tanggal 1-9 dzulhijjah. Menurut sebagian Ulama, Barang siapa Puasa 9 Hari, mulai tanggal 1 sampai tanggal 9 Dzulhijjah maka akan mendapat 10 keistimewaan yaitu:
1. Umurnya Barokah
2. Hartanya Bertambah
3. Keluarganya mendapat perlindungan
4. Dosa-dosanya diampuni
5. Nilai amal baiknya dilipatgandakan
6. Mendapat kemudahan Menjelang kematiannya
7. Mendapat cahaya terang di alam kuburnya
8. Saat di timbang,  amal kebaikannya diberatkan
9. Selamat dari api neraka
10. Mendapat Derajat tinggi

Menurut Riwayat Ibnu Abbas Ra. dari Hadits Nabi SAW.

Hari Pertama
Allah ​SWT mengampuni kesalahan Nabi Adam As. Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka Allah SWT akan mengampuni semua dosa-dosanya.

Hari Kedua
Allah SWT mengabulkan Doanya Nabi Yunus As, sehingga Nabi Yunus As bisa keluar dari perut ikan yang menelanya.
Barang siapa berpuasa pada hari tersebut maka dia mendapat pahala seperti pahalanya orang yang beribadah kepada Allah SWT selama satu tahun penuh tanpa celah (kemaksiatan) sama sekali.

Hari Ketiga
Allah SWT mengabulkan Doanya Nabi Zakariya As. Barang siapa Berpuasa pada hari tersebut, maka Allah SWT mengabulkan doa-doanya.

Hari Keempat
Merupakan Hari Kelahiran Nabi Isa As.
Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka akan dijauhkan dari kesengsaraan dan kemiskinan, serta besok pada Hari Kiamat akan dikumpulkan bersama Orang-orang ​yang Mulia.

Hari Kelima
Merupakan Hari Kelahiran Nabi Musa As.
Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka akan terbebas dari sifat Munafik dan diselamatkan dari siksa kubur.

Hari Keenam
Merupakan Hari dimana Allah SWT memberikan kebaikan (kemenangan) terhadap Nabi Muhammad SAW.
Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka Allah SWT akan memberikan Rahmat kepadanya dan selanjutnya tidak akan mendapatkan siksa untuk selamanya.

Hari Ketujuh
Allah SWT menutup pintu-pintu Neraka Jahannam dan tidak akan dibuka sehingga melewati hari kesepuluh Dzulhijjah (Hari 'Idhul Adha).
Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka Allah SWT akan Menutup 30 Kesulitan yang akan menimpanya dan Membuka 30 Kemudahan untuknya.

Hari Kedelapan (Puasa Tarwiyah)
1. Merupakan Hari Tarwiyah, Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka akan mendapatkan Pahala yang tak terkira, dan Hanya Allah SWT semata yang mengetahuinya
2. Merupakan malam penuh Berkah dan Fadhilah sebagaimana malam Idhul Adha dan Idhul Fitri sehingga disunahkan untuk menghidupkan Malam Tarwiyah ini
3. Puasa Tarwiyah dapat menebus dosa setahun dan Allah SWT akan memberikan pahala kepadanya seperti pahalanya Nabi Ayyub As atas cobaan sakit yang menimpanya.

Hari Kesembilan (Puasa Arofah)
1. Merupakan Hari Arofah. Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya selama Dua Tahun, (Satu Tahun sebelumnya dan Satu Tahun yang akan datang). 
2. Barang siapa yang berpuasa di Hari Arofah, maka Allah SWT akan memberikan pahala kepadanya seperti pahalanya Nabi Isa As.

Hari kesepuluh (Hari Raya 'Idhul Adha)
Merupakan Hari 'Idhul Adha atau Hari Raya Qurban, pada hari tersebut Haram menjalankan Puasa. Barang siapa Pada Hari tersebut berqurban atau menyembelih hewan qurban, maka disaat darah pertama (Binatang qurban) menetes, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa dari orang yang berqurban dan keluarganya. Dan barang siapa memberi makan atau bersodaqoh pada hari tersebut, maka besok pada Hari Kiamat dia akan mendapatkan kesempatan dan timbangan​ amal kebaikannya melebihi beratnya Gunung Uhud.

Untuk amalannya, coba perbanyak baca Shalawat, terutama SHALAWAT HAJJIYAH
اٙللّٰهُمّٙ صَلِّ عَلَىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجِّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ . وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِّيِكَ عَلَيْهِ اَفْضَلُ الصَّلاَةِ وَ السَّلاَمِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَبُلُوْغِ اْلمَرَامِ وَعَلىَ اَلِهِ َوَصْحبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ
"Barang siapa yang memperbanyak baca Shalawat ini, maka akan ditakdirkan dapat berangkat Haji dan Berziarah ke Makam Rosululloh SAW."
Oh iya sekali lagi yang ditekankan adalah puasa 9 Hari Awal Bulan Dzulhijjah, terutama PUASA TARWIYAH (8 DZULHIJJAH / Rabu, 30 Agustus 2017 ) dan PUASA AROFAH (9 DZULHIJJAH / 31 Agustus 2017)

Gimana? Kesempatan langka tuh. Walaupun sunnah, tapi pahalanya melimpah. Rugi banget kan kalau sampai nggak mengamalkan. Kesempatannya cuma setahun sekali lo! Ayo puasa sunnah gengs dan sambut Idul Adha dengan gembira .

August 17, 2017

POINT PLUS NAIK KERETA API

Tepat di hari kemerdekaan Indonesia, saya balik nih. Setelah sekian lama berkumpul bersama keluarga tercinta (lebih tepatnya kabur dari dunia nyata), akhirnya balik juga ke tanah perantauan. Yes (berusaha senang, hahay).

Perjalanan kali ini tetap sama, tetap menggunakan kereta. Kalau kebanyakan orang naik kereta itu lama dan bikin badan pegel-pegel, kalau menurut saya juga iya sih. Tapi jangan salah, ada berbagai macam hal yang di luar ekspektasi loh saat naik kereta. So, apa aja sih?

1. LUMAYAN MURAH
Kalau ingin bepergian jarak jauh dengan budget yang pas di kantong, mending lirik kereta deh. Harganya yang murah dijamin bikin perjalanan lebih asik. Di kereta ini ada tiga macam kelas, kalau menurut saya sih ini sejenis kasta gitu. Kasta tertinggi adalah eksekutif, kasta sedang adalah bisnis, dan kasta terendah pasti ekonomi. Eits, jangan salah dulu. Walaupun dibedakan oleh kasta, fasilitasnya hampir sama kok. Cuma beda kursinya doang. KURSI BRAY!

2. MENIKMATI PEMANDANGAN
Ini yang paling menarik. Kalau naik kereta itu kita bisa menikmati perjalanan di berbagai kota bahkan provinsi. Mulai dari hutan, sawah, jalan, gunung, sungai, jembatan, rumah ilegal pinggir rel, sampai orang mandi di sungai. Tuh seru kan perjalanannya. Dijamin gak bakal monoton deh.

3. MENEMUKAN ORANG BARU
Penumpang kereta pasti bukan kalian aja kan? Ada orang-orang sekitar yang akan melingkupi perjalanan nan panjang ini. Ada yang rempong sampai-sampai gak bakal bisa tidur gara-gara diajak ngobrol seharian. Sumpah paling gasuka banget sama yang kaya gini. Terus ada yang diem banget. Paling-paling cuma ribet sama gadgetnya. Kalaupun interaksi paling cuma sebatas senyum. Ada juga yang absurd, gaje, songong, dan ketawa-ketiwi sendiri. Sumpah pengen pindah gerbong kalau kaya gini.

4. MASINIS DAN PRAMUGARINYA CAKEP-CAKEP
Siapa bilang pramugari cuma ada di pesawat doang? Jangan salah, di kereta ada juga loh. Bahkan ada pramugara juga. Gausah khawatir.  Bagi kalian yang pengen cuci mata dan berikhtiar mencari pasangan hidup, cobalah naik kereta. Dijamin pasangan hidup dari pekerja kereta api ini penuh dengan kasih sayang. Bagaimana tidak? Mereka rela mondar-mandir nawarin bantal buat bobo, ngigetin makan, bahkan buang sampah sisa kalian. Kurang perhatian apa coba?

5. FASILITASNYA KECE
Walaupun murah, kereta api ini kece banget. Dijamin gabakal gerah karena tiap satu gerbongnya ada 6 AC. Selain itu juga kursinya juga nyaman. Tenang aja gak ada yang dari kayu, semuanya mantap. Ada juga toiletnya yang bersih. Jadi gabakalan lagi nahan buang ampas selama perjalanan. Kalau buat kaum milenial, ada yang bikin asoy nih. Terdapat colokan manja yang siap bikin kalian up to date selama perjalanan. Baterai hp, iphone, laptop, tablet, dan gadget-gadget kalian pun aman terkendali.

Jadi gimana, keren kan naik kereta. Memang sih membutuhkan waktu yang sangat lama. Tapi kalau kita lihat kelebihan-kelebihannya, perjalanan kita pasti lebih bermakna kok (ya tergantung cara kalian menyikapi juga sih). Akhir kata, buat siapa aja yang mulai tertarik maupun pelanggan setia kereta, jangan berbuat rusuh ya. Apalagi nyongkel-nyongkel fasilitas yang ada. Oke, salam dari kota Blitar, h-13 jam menuju Bandung.

August 11, 2017

KONSISTEN : CERITA LAMA YANG DIREVISI ULANG

Mari berbicara tentang konsistensi. Sejujurnya, ini adalah masalah terbesar dalam hidup saya selain malas. Sifat yang identik dengan rutinitas ini rupanya sangat bertolak belakang dengan diri saya. Namun, lambat laun sifat ini perlu disingkirkan agar "syukur" pun tertanam dalam diri.

I realize that consistence is the important thing to make everything better "especially to reconstructs ma damn life". Sudah tertanam jauh di tahun-tahun yang lalu. Namun keadaan tetap begini. Menyepelekan hal penting yang namanya konsisten. Kadang suka sebal sama diri sendiri.

Berubah? Sudah berulang kali bertekad. Dijalankan cuma bertahan beberapa hari, setelah itu? They had gone. Ini bukan keluhan, cuma ungkapan terpendam. Menjadi konsisten rupanya sebuah perjuangan. Perjuangan di dalam zona nyaman. Butuh tekad yang sangat kuat khususnya buat orang yang berantakan.

Terkadang saya iri dengan orang yang terlahir konsisten. Mereka begitu mantap dan enteng sekali dalam mengulang-ulang setiap adegan tanpa mual sedikit pun. Selain itu, mereka yang bawaannya konsisten dari lahir ini pasti cenderung menghargai proses. Suatu kebanggaan sederhana yang sangat berharga.

Ingin mencoba kembali? Iya. Karena konsisten itu langka, konsisten itu sangat berguna, konsisten itu bisa menghantarkan saya untuk meraih mimpi-mimpi yang selama ini tertunda. Bodoh memang, kenapa tidak dari dulu saja.

Mari berkonsisten. Sebuah perubahan dimulai dari niat. Sebuah kebiasaan akan terbentuk saat dilakukan berulang-ulang selama tiga bulan. Semangat. Orientasi sekarang ini bukanlah hasil melainkan proses. Karena saya yakin, proses dalam usaha takkan mendustakan hasil. Let's make a change! Be consistence!

August 9, 2017

PENYEBAB KULIT BERJERAWAT

Ada yang tahu obat jerawat yang ampuh? Kalau ada, tolong hubungi saya ya. Beberapa tahun ini saya selalu dipusingkan oleh jerawat. Padahal dari riwayat kakek nenek buyut saya, nggak ada tuh yang berjerawat. Kulitnya mulus-mulus aja walaupun agak mbuseng. Jangan-jangan saya bukan keturunan asli mereka, Naudzubillaah! Nggaklah, ngaco. Udah tes golongan darah dan DNA kok kalau saya ini perawan ting-ting keturunan mereka.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat? Memang agak menjengkelkan ya topiknya. Saya sudah mencoba berbagai cara tapi hasilnya sama saja. Malah bulan ini merupakan fase yang paling parah. Muka ini jadi gampang banget tumbuh benjol-benjol menyakitkan yang tidak bertanggung jawab. Perasaan ini muka udah dibersihin setiap hari pakai sabun zaitun, cleanser, dan masker kunyit. Kurang asoy apa coba? Ya sudahlah, apa daya.

Saya pun mulai berpikir ulang, kenapa bisa ada jerawat di muka saya ini. Alhasil, ini dia beberapa dugaan yang menyebabkan kulit saya jerawatan. 

#1 Facial Foam
Oh, mungkin karena salah pakai facial foam. Dahulu kala waktu warna kulit saya masih kaya pantat panci, saya memutuskan untuk perawatan agar lebih kinclong. Alhasil semua produk pembersih muka yang berpotensi untuk memutihkan kulit saya coba. Walaupun gonta-ganti merk gara-gara kemakan iklan, tapi kulit saya masih mulus tuh. Eh, waktu apesnya, saya coba pembersih muka PONDS. Kalau nggak salah yang warna pink kalau nggak gitu ya yang hitam. Spontan deh, kulit saya langsung bruntusan. Saya kira cuma sementara, eh keterusan sampai sekarang. Kan sebel ya. (by the way, ini faktor kecocokan produk saja. Saya hanya sharing yang sebenarnya tanpa bermaksud menyudutkan brand tertentu. Emang kulit saya aja yang cemen.)

#2 Hormon
Katanya masa remaja itu adalah masa dimana kadar hormonnya mulai aktif bekerja. Iya, begitu pula di muka saya. Hiperaktif malahan. Hormon ini akan menyebabkan benjolan di bagian jidat, pipi, hidung, dagu, dan area-area sekitarnya. Alhasil, muka saya jadi kaya gini ini. By the way, usia saya ini sudah 21 tahun lo, seharusnya kadar hormonnya gak segila anak remaja. Kok malah menjadi-jadi sih. Ampun dewa. 

#3 Ikut Aktivitas Outdoor
Nah, ini yang menjadi dilema. Outdoor adalah tempat yang bikin happy, tempat asik buat mengadu nyali. Ada basket, paskibra, dan jalan-jalan ke mana saja. Yeaah. Bagi orang yang berjiwa ngelayap tentu nggak akan peduli seberapa banyak matahari yang menyengat. Yang dipikirin cuma having fun aja. Padahal di luar sana sinar UV-nya dapat mengancam kulit. Belum lagi debu-debu di jalan. Kan gimana gitu ya. Sungguh bertolak belakang dengan jiwa saya. Alhasil, banyak sekali kotoran yang menyumbat pori ditambah kulit yang semakin kusam. Serba salah jadinya. 

#4 Suka Mencet Jerawat
Sudah saya sadari sejak lama. Kebiasaan memencet jerawat memang buruk sekali. Super duper buruk. Memang, memencet jerawat itu ada tantangan sendiri. Geli-geli asoy gimana gitu. Euforianya kaya dapet ikan setelah beberapa hari terombang-ambing di lautan. Meskipun begitu, kebiasaan ini memicu peradangan di kulit sehingga wajah jadi belang-belang hitam menjijikkan. Selain itu jerawat yang dipencet berpotensi untuk menyebar di area tetangganya. Sedih banget nggak sih. Pantes saja jerawat saya gak ilang-ilang. 

#5 Make Up Berat
Yups, memakai make up berat. Memakai make up berat ini maksudnya make upnya berpotensi untuk menyumbat pori. Seperti foundation, concealer, bedak padat, dll. Tujuan utamanya sih untuk memperbaiki penampilan akibat jerawat. Tapi ya gitu, muka tertutup sempurna eh jerawat malah merajalela. Hasilnya ya makin parah. Sumpah pengen nangis. 

#6 Begadang
Malam adalah dunia yang paling damai. Banyak ide-ide mengucur di malam hari sehingga banyak pula orang-orang yang begadang untuk mengais rejeki (rejeki yang halal bo, jangan berpikir macem-macem). Alhasil muka ini makin jerawatan. Kalau yang pernah saya baca di salah satu artikel sebelah, begadang menyebabkan hormon di dalam tubuh jadi bingung. Yang semula bisa aktif bekerja saat tubuh sedang tidur rileks, eh pemiliknya masih on aja. Jadi serba salah mau keluar orangnya masih melek. Nggak keluar udah waktunya kerja. Alhasil, racun-racun tersebut dikeluarkan lewat jerawat. Gatau mekanismenya seperti apa, yang jelas begadang bikin jerawat membabi buta. 

#7 Jarang Minum Air Putih
Lah ini, penyebab jerawat makin subur. Dapat edukasi dari artikel sebelah kalau jerawat ini bakal tumbuh subur kalau jarang minum. Lupa juga mekanismenya seperti apa, yang jelas berhubungan dengan pembersihan racun tubuh. 

Kalau dipikir-pikir, udah tahu ini penyebabnya sekarang tinggal menjauhi pemicunya saja. Walaupun agak berat, ya mau bagaimana lagi. Mungkin banyak orang yang bernasib sama dengan saya. Yuk, jangan patah semangat! Jerawat kita bisa hilang kok! Mari berjuang bersama! Target 6 bulan jerawat hilang yaaa. 

August 2, 2017

SINETRON INDONESIA TIDAK BERMUTU?

Hai blog, mau cerita nih. Saya mau beropini tentang sinetron Indonesia. Sejujurnya saya juga bingung kenapa ingin menceritakan topik ini. Padahal dari dulu agak gimana gitu kalau diajak ngobrol sinetron Indonesia.

Yasudahlah. Setiap ada tulisan pasti ada latar belakangnya. Jadi gini, sekarang saya itu suka sinetron Indonesia yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta (baca:RCTI). Hal ini dikarenakan adek saya yang suka banget sama sinetron. Padahal cowok, kan gimana gitu ya. Setiap hari saya tak berhenti menghujat. Eh ternyata malah saya sendiri yang ketagihan. Mungkin ini yang dinamakan karma. Oyeah.

Sinetron yang bikin saya tertarik itu adalah dunia terbalik dan hati memilih. Hahay. Dalam hati, "mampus, image gue jatoh". Buat para pemirsa yang suka menghujat sinetron Indonesia, jangan songong dulu. Ini hanyalah opini saya saja. Siapa tahu nanti kalian pada ketagihan dan jatuh cintong sama sinetron.

Jadi gini, banyak yang bilang kalau sinetron itu merupakan tontonan kelas bawah sampai menengah. Hal ini dikarenakan banyak ibu-ibu di kampung pada ngobrolin sinetron sampai gemes-gemes manja sama pemeran antagonisnya. Alhasil banyak banget kaum urban metropolitan yang jaga jarak sama yang namanya sinetron. Takut levelnya turun kali ya kalau nonton sinetron. Intinya gengsi, haha.
Selain itu, sinetron Indonesia itu tidak bermutu. Mengapa? Karena alur ceritanya itu itu saja. Dari jaman saya masih netek sampai udah mau wisuda, klimaksnya sama. Kalau beda paling artisnya aja. Yang tahun 90-an jadi peran utama, sekarang jadi emaknya. Ya gitu aja terus. Oh iya, banyak pula yang bilang kalau sinetron Indonesia itu tidak mendidik. Mungkin karena adegan pacaran yang blak-blakkan dan juga baju minim super ketat anak sekolahan. Yah emang sangat tidak mendidik sih. Berdasarkan hal-hal tersebut saya pun juga sempat anti banget sama sinetron Indonesia.

Tapi belakangan ini saya tersadar.  Sinetron itu tak sepenuhnya jelek, kampungan, merusak moral, dan gak kreatif alur ceritanya. Secara tidak langsung, beberapa sinetron Indonesia itu memiliki pesan moral yang sangat jos. Seperti asas gotong royong dan juga kehidupan sederhana nan merakyat. Bukankah hal tersebut merupakan identitas Indonesia yang sudah berangsur-angsur menghilang? So, hal ini bisa jadi pelajaran buat kaum metropolitan. Ya kan?

Tidak hanya itu, menonton sinetron Indonesia juga termasuk sikap nasionalis dan cinta tanah air. Darimana coba? Sinetron itu merupakan karya anak Indonesia. Dari sinetronlah bibit-bibit seniman lahir. Walaupun tidak mutlak, tapi menyumbanglah. Dengan menonton sinetron, kita turut mendukung kemajuan Industri Kreatif di Indonesia. Bukankah kita juga bangga kalau akhirnya sinetron Indonesia juga digemari orang luar. Seperti drama korea. Kan kece ya.

Akhir kata, saya sebenarnya juga gak terlalu fanatik sama sinetron Indonesia. Hanya ingin berbagi opini saja bahwa nonton sinetron itu gak ada salahnya. Buang jauh-jauh rasa gengsi dan dukung terus karya-karya seniman Indonesia. Oh iya kalau nonton sinetron itu diusahakan pilih-pilih ya. Yang layak mangga disupport, yang nggak dikritik aja. Biar ntaaaps.